Kamis, 23 Juni 2011

Perjalanan ini

Qurata’ayun begitulah sebutan nama panggilan gadis kumal ini, bersal dari pakesaji daerah malang. Dia sempat merasakan mondok selama kurang lebih satu tahun. Ya nama itu melekat dengan kepribadiannya yang tak seimbang. Ketika a’yun pindah kekota metropolitan ia, melanjutkan studi diSMA berbasiskan islam. Awal dia masuk merasakan betapa menakjubkan ada sekolah yang mewah seperti ini. Ekstrakulikuler yang dia ikuti sementara, hanya satu yakni jurnalistik. Ia memang suka menulis tangannya lincah dalam hal tulis menulis ia menyukai puisi. Karyanya berlembar yang tersimpan dalam lemari berdebu. Ketika semester pertama kelas satu sma dia disibukkan dalam lomba mading yang didirikan oleh jawapos. Ia menjadi kelompok tim 2d, tema yang dibahas adalah tentang rokok. Ia mendapatkan tugas wawan cara dengan mak bongki, bersama salah satu temannya yang bernama tya.
Perjalan itu dimulai, pertama kali ia meluncur menuju radio tempat mak bongki siaran. Ketika bertemu dengan mak bongki dalam hatinya berkata “Subhanallah cantiknya berbeda dengan ditv” wawancarapun dimulai. Tugas qurata’ayun memewawancarai sedangakan tugas tya mendokumentasikan. Setelah selesai ia pulang bersama tya. Dan sesampainya dirumah ia menuju laptop untuk menarasaiakn hasil dari wawancara. Setelah itu ia menulisakn daeri yang berceritkan
“ aku mengemban tugas yang cukup berat, untuk mewawan cari seorang yang terkenal dikalngan jawa timur. Yakni mak bongki. Perjalannya mulai dari sma menuju temapat penyiran dengan menggunakan speda montor. Hatiku berdebar keras sehingga membuat tanganku berkeringat. saya yang taktau jalanan Surabaya. Diberitahukan oleh temanq, ini pengalaman menju jalan-jalan yang tidak kuketahui, dalam kota yang panas ini. Rasanya Masya ALLAH kulitku samapai terasa terbakar. saya membatin aku hanya dapat membatin saya berkulit hitam tambah hitam dech, hehehe Senyuman kecil yang saya pasang dalam perasaan. Tapi saya dapat memetik hikma dalam perjalanan ini. Mak bongki seorang wanita yang menyeramkan dalam tv local , ternyata cantik tak sebanding dengan yang ia lakoni ketika syuting. Kurasa malam ini sudah cukup panajang, saya harus mengasih hak istirahat kepada tubuh ini. Makasih YARHAB kau telah membriku tubuh yang kuat”.
Paginya terdengar suara beker berdering “krrriiiiiinnnnnnnngggggggg” tanda untuk segara bangun dan menuju kamar mandi untuk melaksanakan sholat malam. Matanya yang tersayup dan badan yang agak tak kuat untuk bangun dari ranjang, memakasakan diri menju kamar mandi. “ jeduk aasssaaallaammm, eh salah astaghfirlah, hmm lama-lam benjol juga ni kepala” dia terbentur didinding kamar mandi. Setelah selesai, ia bermunajat sendiri dan bertasbih di syahduhnya malam yang membawa ketenangan. Ia berdo’a sambil curhat dengan ALLAH “ YaRhabbi aku telah mengikuti ekstra ini mudahakan lah yarhabb dan berilah kemanfaatannya, YaAllah saya bingung kenapa hati saya tetap berfikir tentang cowok yang satu kelas di ospek saya, berikanlah yang terbaik yaRhaabb.” Setelah itu ia melanjutkan tidurnya.
Kesokan hari matahari mulai mengintip dari cendelakamrnya, setelah sholat subuh dan menadaburi hafalan ketika masih dipondok dulu dilanjutkan hingga sekarang. Bergegaslah ia besiap-siap menuju sekolah dan segera berangkat. Ia belajar dan sedikit merenung tentang cow itu. Lamunan itu dihentakkan oleh guru sosilogi
“a’yun, a’yun” ujar gurunya.
“ia, pak ada apa?” kata a’yun, hatinya berdegub kencang karena baru tersadar dari lamuanan tersebut.
“sekarang kamu jelasakan tentang bab pengaruh manusia dalam lingkungan”
“a’yun pak! yang harus jelasakan, tidak sebaiknya teman-teman yang lebih siap pak. Terus terang saya tidak siap pak” kata a’yun sambil mengerutkan dahinya.
“saya percaya pada mu, kamu pasti bisa” pak heri meberikan senyuman.
Dengan nafas yang panjang ia memulainya dan berucap bismillah, a’yun menerangkan dengan rinci dan jelas, juga diberi contoh. Ketika a’yun menjelasakan keda temannya suara kelas sunyi dan sepi semua mata menjun a’yun. Selesai ia menjelaskan terdengar suaratepuk tangan dari siswa-siswi sma yang sekelas dengannya. Wajah dekil a’yun tidak bisa berwaja merah kerena dia hitam. Ia hanya dapat senyum dan berterimkasaih.
“ inilah yang dilakukan jika kalian menjadi mahasiswa nanti, bersiap-siaplah sekarang ,membangun kepercayaan yang diri tinggi, a’yun maukah kamu ikut KIR (karaya ilmiah remaja)” kata pak heri menatapnya dengan serius
“eh…. Saya fikir-fikir dulu pak, entar saya kabarin”
“Kriiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnggg” terdengar bel menadakan isirahat. Ia dan tini temannya, mengambil mukenah dalam tas dan bergegas menuju masjid, untuk melaksanakan sholat duha. Kepalanya tertunduk dan diam ia menabarak seorang laki-laki, yang membuat lamuananya buyar.
“eh maaf- maaf maz” ucap a’yun
“tidak papakok sambil tersenyum” kata irfan
A’yun melongo melihat laki-laki yang ia tabrak adalah laki-laki yang mengganggu pikirannaya selama ini.
“yun…yun…yun.. ayo lang kemasjid keburu habis jam istirahatnya”
“owh ya ayo-ayo” batinnya mengatakan subhanallah tetesan itu, apakah itu tetesan air wudhu. Ya Rhab kau ciptakan mahluk yang taat, senyuman kecil menghiasi bibir hitamnya.
Berbsambung……

Rabu, 15 Juni 2011

BUNG KARNO

Bung Karno adalah Presiden pertama dalam bangsa ini, Sukarno adalah anak dari Sukemi, termasuk golongan rendahan tanah Jawa. Sukarno mempunyai nama kusno ketika masih kecil, beliau di didik oleh kakeknya yang berada di tulungagung (Kediri) Jawa Timur. Beliau sangat menyukai pewayangan yang diajar oleh Tjipto. Ketika muda Soekarno dibawa ayah ke tempat kerja yang baru berada di Mojokerto (Jawa Timur) dan ayahnya merubah nama tersebut menjadi Sukarno, dengan harapan menjadikan Sukarno menjadi seorang ksatrya yang akan mengabdi kepada tanah air, sekilas cerita masa kecil Bung Karno.
Diceritakan dalam buku Soekarno obor yang tak pernah padam. Bahwa banyaknya pengagum Bung Karno pada zaman beliau menjadi pemimpin ataupun setelah turun dari kepemimpinannya. Ketika anak Bung Karno mewawancarai Adjie pemain dari kebudayaan DKI Jakarta. Adjie mengungkapkan bahwa ketika Bung Karno dalam usia 42 tahun beliau adalah pria gagah berpribadi menarik bagi kaum wanita, memukau sebagai orator-tukang pidato, memiliki Karisma, pemimpin rakyat yang tidak ada tandingannya. Adjie pada saat itu sebagai wartawan Asia yang meliput Asia Raya, ia juga meninjau Gerakan yang terkenal ialah tiga serangkai, yaitu :
a. Soekarno
b. Hatta
c. Syahrir
16 Desember 1945, Banyak kaum intelektual yang memeluk ajaran KarMark sebagai pegangan ideologi. Pada saat zaman tersebut, kaum intelektual social ingin melaksanakan pengahiran, penindasan manusia oleh manusia. Begitu pula pemikiran Hatta dan Syahrir yang menjadi mahasiswa di Negeri Belanda mahir tentang sosialis – demokrat. Sukarno suka membaca literatur barat. Mereka bertiga menjadikan ajaran Marxisme sebagai senjata perjuangan melawan penjajahan Belanda.
Pemikiran Bung Karno menjalankan politik keseimbangan antara tentara dengan komunis demi mempertahankan kekuasaannya. Ide fikiran Bung Karno diajukan sebagai wujudnya yang sering terkenal adalah Naskom yaitu Nasionalis, Agama dan Komunis, tetapi berbeda dalam prakteknya bahwa partai komunis memperalatnya. Ide pemikiran Bung Karno juga tak lepas dari ramalan jaya baya. Dan sering menyetirnya dalam pidato. Saat dalam pembelaan yang diadili pengadilan hindia Belanda di Bandun pada 1930 yang inti isi pembelaan itu hampir mirip dengan ramalan jaya baya, beliau percaya bahwa penjajahan ini akan berakhir.
Dubeststioward paltery mengakui kehebatan otak Bung Karno di katakan sebagai otak gajah. Beliau dapat berbicara dalam segala hal dan mampu mengutip kata pengarang terkenal seperti Thomas Jefferson dan lenin. Dalam edisi akhir agustus 1999 yang menampilkan 100 tokoh terkemuka abad ke -20. Time menirukan tulisan menarik tentang Sukarno. Media internasional itu menyatakan, Sukarno mempersatukan negerinya dan memerdekakannya. Ia membebaskan rakyatnya dari perasaan rendah diri dan membuatnya merasa bangga jadi orang Indonesia. Bukan prestasi kecil, yang terjadi setelah 350 tahun penjajahan Belanda dan 3,5 tahun penduduk Jepang. Sukarno adalah satu-satunya pemimpin Asia di Era Modern yang mampu mempersatukan rakyatnya yang memiliki latar belakang etnis, budaya dan agama begitu beragam tanpa menumpahkan setetes darah.
Sukarno mempunyai kemahiran dalam berbahasa latin, sansekerta, dan arab diketahuinya tidak secara serius. Ramlan mengatakan “saya heran bagaimana warga kampung meninggalkan pekerjaan disawah untuk mendengarkan pidato Bung Karno” dengan lidahnya yang mampu membius jutaan atau mungkin ribuan manusia pada saat Bung Karno berkunjung ke AS pada Mei 1956. Hubungan Bung Karno dengan Pers Barat pada awalnya sangatlah baik. Sambutan Presiden Eisen Hawer dan para pejabat Amerika lainnya, Pers sangat meriah. Guna menghormati kedatangan Bung Karno dilakukan 21 kali tembakan. Tanggal 18 Mei 1956 Bung Karno berbicara di national Club, Washington, DC. Sekitar 600 wartawan. Dalam pidatonya yang berbahasa Inggris menyelipkan tentang peranan wartawan “Adalah suatu pengalaman yang mengagumkan untuk sekaligus berjumpa dengan begitu banyak anggota pers, pria dan wanita. Tidak sangat mengagumkan tetap dalam beberapa hal juga agak menakutkan, karena sesungguhnya presduni merupakan alat yang berkuasa untuk kebaikan dan keburukan” dalam pidato untuk mengawalinya. Dalam hal ini ide Bung Karno sudah bisa membaca fungsi pres itu sesungguhnya bagaimana.
Perasaan khawatir Bung Karno seperti dikemukakan pada wartawan national press club, Washington DC, tidak mengada-ada. Setelah kunjungan tersebut ketika Bung Karno berkunjung ke Uni Soviet dan RRC. AS yang mencurigai “Kedekatan” Jakarta dengan Moskow. Baru muncullah kemudian berbagai laporan yang menjatuhkannya. Salah satunya memberitakan tentang kesukaan beliau pada wanita atau mengabarkan bahwa Bung Karno telah menjadi Budak komunis.
Dua puluh enam gelar doctor HC disandang oleh Bung Karno dalam gelar yang diperoleh beliau yaitu pemberian gelar doctor kehormatan di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Beliau mengungkapkan tentang pemikirannya arti dari tauhid. Sukarno di beri gelar Doctor Honoris Causa falsafah ilmu tauhid. Dalam pemberian gelar terakhir Bung Karno menjelaskan utang piutangnya ketika dipenjara. Secara lantang dan berani beliau menyampaikan didepan para peserta, tidak ada rasa malu sedikitpun dalam mengungkapkan hal ini. Ide beliau juga diungkapkan dalam pidato Bung Karno di depan siding gabungan Kongres Amerika Serikat pada tanggal 17 Mei 1956, Sukarno adalah tokoh yang terpesona pada Amerika, pada para pemimpin kemerdekaannya, juga kepada beragam temuan inofatif di negeri itu. Seperti yang dikatakan dalam buku beliau. Salah satunya yang diungkapkan dalam pidato sebagai berikut “Saya datang ke Amerika, sebagaimana kemarin saya katakan, untuk melihat Negara tuan dengan mata saya sendiri dan untuk meninjau apa yang telah dicapai oleh Bangsa Amerika yang besar ini. Saya datang kemari untuk membenarkan atau memperbaiki kesan-kesan saya tentang Negara tuan yang telah saya himpun bertahun-tahun lamanya. Tetapi kedatangan saya ke Amerika, bukan saya sebagai suatu negeri, bukan saja sebagai suatu bentuk alam pikiran dari Amerika yang menjadi pusat cita-cita” tanggal 17 Mei 1956, pidato Sukarno beliau sangat mengagumi sosok wanita sebagaimana pandangan Roeslan Abdul Gani “Ada tiga Sukarno,
1. adalah Sukarno sebagai ideology yang menyimpulkan bahwa dalam menyatukan Indonesia kita memerlukan Pancasila.
2. Sukarno sebagai politisi, ia menemukan istilah pembentukan massa dan menggunakannya untuk pembentukan masa.
3. menyukai kecantikan kususnya yang bergerak.
Sukarno tidak pernah berusaha menyembunyikan apresiasinya pada wanita. Pemikirannya yang sangat fantastic tidak membawa beliau ke dalam kesombongan. Seperti yang terlihat pada peristiwa menyembunyikan Bung Karno semalam di Surabaya.
Pada suatu sore tahun 1960, Bung Karno dan rombongan yang berjumlah antara 60 – 80 orang, diantara mereka terdapat Bung Karno. Hal yang agak mustahil dilakukan oleh Bung Karno, karena ketika beliau dan para rombongan berjalan kaki ramai-ramai bersama-sama dari Gedung Grahadi. Beliau berjalan kaki sempat menyeberang di trotoar tanpa diatur protocol kepresidenan, anehnya tidak ada satu orang pun yang tau, kecuali rombongan tersebut. Kejadian ini bertambah parah ketika pesawat yang akan ditumpangi untuk kembali ke Jakarta oleh Sukarno mendadak batal dan kembali lagi ke Surabaya. Ketika itu jam 16.30 said menjemput beliau dan mempersilakannya. Hal ini tidak boleh sampai mengetahui masyarakat. Setiba di Surabaya, said langsung mempersilahkan Bung Karno naik ke mobilnya. Said juga menyatakan “Berangkatnya kluyur-kluyur begitu saja. Waktu di tunjungan tidak ada orang lihat. Kalo mobil itu dinaiki Bung Karno waduh pasti gemruduk”. Untuk mempersiapkan Hotel Bung Karno diajak lagi untuk menonton bioskop di Grahadi, tapi dalam hal ini terdapat kesalahan teknis yakni bukan Bung Karno yang tidak mau tapi pemilik bioskop grogi, karena kursinya masih penjalin dan banyak tingginya”. Masak presiden disuruh duduk dikursi penuh tinggi?” kata sang pemilik, sampai di Maxim, said memberitahu presiden soal kursi tapi beliau tidak keberatan, sesuatu hal yang rendah hati. Itulah yang dapat dipetik.
Sesuatu hal lagi yang disukai Bung Karno ialah buku “Buku-buku adalah temanku disana aku bertemu dengan orang-orang besar buah pikiran mereka menjadi buah pikiranku, cita-cita mereka adalah pendirian dasarku itu adalah kata-kata yang disampaikan dalam sebuah acara pameran buku. Ketika di penjara tahun 1930-an seolah adalah blessingin disguise dalam memperkokoh kebiasaan membacanya. Ketika beliau dipenjara itulah yang dimanfaatkan oleh beliau, Sukarno mengenal beberapa sosok melalui buku. Tetapi ia paling menginginkan buku-buku tentang sosialisme dan revolusi. Buku-buku yang mengajarinya bagaimana mengorganisasi (rakyat) melawan Belanda, buku yang memberikan pandangan tentang revolusi mengajarinya bagaimana membangun bangsa, mengobarkan semangat rakyat di berbagai pulau. Hingga dapat melawan penjajahan.
Bung Karno juga mempelajari tentang tisut besar india vive kanada adalah sumber inspirasi Bung Karno lainnya, seperti ditulis dalam pengantar buku the voice of vive kanasda; dia salah satu orang yang memberikan inspirasi pada Bung Karno. Yaitu “Dia salah satu orang yang besar yang banyak memberikan inspirasi padaku. Inspirasi untuk menjadi kuat, inspirasi untuk menjadi pelayan Tuhan. Inspirasu untuk menjadi pelayanan kaum miskin. Inspirasi untuk menjadi pelayanan umat manusia. Saya telah berkata “kita sudah cukup lama menangis, jangan menangis lagi, tetapi bangkitlah, dan menjadi laki-laki sejati”.
Dalam latar belakang ide-ide yang dicetuskan beliau, tidak banyak orang yang tau bahwa beliau sangat menguasai sejarah berbagai bangsa, lengkap dengan lika-liku kehidupan bahasanya. Ia sebagai proklamator bangsa dan presiden pertama di Indonesia, merupakan Presiden yang melarat dan sederhana. Beliau pernah mengatakan “Kemana aku pergi? Aku tak punya rumah untuk diriku sendiri, tidak ada tanah, tidak ada simpanan. Bukan sekali dua kali aku tak mempunyai sisa uang untuk pengeluaran rumah tanggaku. Disatu negeri, seorang duta besar kami terpaksa membelikan piyama. Satu-saunya piyama Presiden sudah robek. Akulah satu-satunya presiden di dunia yang tidak punya rumah sendiri”. Begitu melaratnya beliau, seandainya pejabat sekarang ada yang tidak memikirkan hanya memikirkan pengadilan terhadap Negara. Mungkin pemerintahan berjalan dengan baik. Bung karno pemikiran yang sangat kompleks dan maju.
Terbukti ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games IV sebab saat acara itu berlangsung situasi kemanan Negara ini belum kondusif. Ekonomi rakyat morat-marit setelah Indonesia keluar dari PBB. Semua bantuan untuk Indonesia di Stop. Dengan bantuan dari pemerintah Uni Soviet dan uang pinjaman sebesar 10 juta dollar AS saat itu, pemerintahan Indonesia membangun komplek Olahraga yang representatifnya akan digunakan sebagai tempat atlit dari Negara Asia bertatung. Hasil yang dicapai dunia olah raga kita cukup mengagumkan, dengan meraih 11 emas, Indonesia menempati urutan 2 dibawah Jepang. Prestasi yang sulit dikejar dalam era globalisasi sekarang ini. Hasil dari pembangunan tersebut Gelora Bung Karno diharapkan dapat memicu semangat olah ragawan kita. Didepan olah ragawan beliau mengatakan “Sungguh kami bukan bangsa cacing, tetapi kami adalah bangsa yang berkepribadian benteng”. Dengan ini beliau memberikan semangat kepada pra olah ragawan.
Sebagian dari ide-ide Bung Karno. Beliau adalah sosok yang dekat dekat dengan buku-buku, sebagaimana yang terlihat setelah menjadi Presiden, beliau dekat dengan para penerbit buku dan pemerintah disuruh menyumbangkan kertas atau mensubsidi. Setiap ada pameran buku diusahakan hadir. Guna untuk mencerdaskan Bangsa. Kecintaan beliau terhadap buku terlihat ketika berbicara atau berpidato. Beliau mampu menghafal berikut dengan bahasa asli dan teks tersebut dihafalkan dengan lengkap. Howard Jone S mengakui, ia sering melongo menyaksikan otak gajah Bung Karno karena dalam pidatonya pemimpin Indonesia itu maupun mengutip panjang kata-kata Jetterson, Licon ataupun Karl Marx persis dalam bahasanya. Bahasa-bahasa asing yang memiliki beliau menjadikan hubungan dengan Negara lain menjadi mudah. Bung Karno yang sangat menyukai seni dan keindahan terbukti dengan banyaknya penari-penari istana yang diganti namanya oleh beliau.
Jiwa yang besar mampu memaafkan orang-orang yang berbuat salah pada beliau, seperti yang dilakukan oleh popera pembomam 13 – 26 yang dibawah pope jatuh di Ambon. Hukuman gantung yang seharusnya diperoleh pope gagal karena Presiden Sukarno memafkannnya. Banyak sifat atau prilaku teladan Bung Karno yang bisa dijadikan contoh meskipun beliau tidak luput dari kesalahan. Sayangnya kematian yang tragis dialami oleh beliau. Pemimpin yang dibesarkan oleh buku-buku itu menjalani tahun-tahun terakhir hidupnya tanpa buku, majalah, surat kabar dna media massa lainnya.dikucilkan, beliau yang hidupnya dipertaruhkan untuk Indonesia mendapat perlakuan tidak wajar ketika kematiannya tiba, kerugian besar untuk Bangsa ini.
Secarik pengetahuan 
By. Khoir
Sumber: buku soekarno obor yang tak pernah padam

Selasa, 07 Juni 2011

SUMBER-SUMBER SEJARAH

PEMBAHASAN
A. Sumber sejarah
Sejarah sebagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dapat diungkap kembali oleh para ahli sejarah berdasarkan sumber-sumber sejarah yang dapat ditemukan. Meskipun demikian, tidak semua peristiwa masa lampau dapat diungkap secara lengkap karena terbatasnya sumber sejarah. Dalam penulisan sejarah, peran atau keberadaan sumber sejarah menjadi sesuatu yang tidak bisa diabaikan. Sumber sejarah merupakan bahan utama yang dipakai untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan subjek sejarah. Untuk memperolehnya seseorang dapat memanfaatkan museum, perpustakaan, arsip nasional, arsip daerah sebagai tempat untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan subjek sejarah yang akan ditulis.

Menuru pendapat para ahli
a.R. Moh Ali
Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah Indonesia sejak zaman Purba sampai sekarang.
b.Zidi Gozalba
Sumber sejarah adalah warisan yang berbentuk lisan, tertulis, dan visual.
c.Muh yamin
sumber sejarah adalah kumpulan benda kebudayaan untuk membuktikan sejarah.
Dapat disimpulkan bahwa sumber sejarah adalah segala warisan kebudayaan yang berbentuk lisan, tertulis, visual serta daapat digunakan untuk mencari kebenaaran, baik yang terdapat di Indonesia maupun di luar wilayah Indonesia sejak zaman Prasejarah sampai sekarang.

B. Sumber-sumber sejarah dapat dibagi menjadi 4 yaitu:
1. Sumber tertulis (dokumen)
Keterangan dalam bentuk laporan tertulis yang memuat fakta-fakta sejarah secara jelas. Biasanya terdapat dalm buku harian, arsip notule, resolusi, naskah perjanjian dll. contohnya pada peristiwa arsip nasional kerajaan belan menyimpan dokumen selama dengan konfilk belanda.
2. Sumber lisan (Oral)
Merupakan sumber tradisional, cerita sejarah yang hidup ditengah masyarakat, diceritakan dari mulut kemulut. Dapat dialkukan dengan wawancara.
3. Benda peninggalan (artefak)
Segala keterangan yang dapat diperoleh dari benda-benda tertentu atau benda peninggalan yang sering disebut benda purbakala/kuno. Contohnya letkol Soeharato pada tahun 19940. Membangun gerobak keris, baju abdi dalem dll, hal ini membuktikan kekuasaan soeharto saat itu.
4. Sumber kuantitatif (perhitungan)
Biasanya digunakan untuk meneliti perokonomian saat itu. Contohnya, pada masa yogya sedang menghadapi penduduk belanda, harga beras, ketela dll. Hal ini membuktikan secara kuantitatif dapat diperhitungkan beberapa persedian beras untuk kota dll.

C. Ditinjau dari wujudnya, secara umum sumber sejarah dibedakan menjadi dua, yaitu, sumber primer dan sumber sekunder.
1.Sumber primer
Yaitu sumber yang berkaitan langsung dengan peristiwa yang diceritakan. Atau saksi dengan mata kepala sendiri bisa juga saksi panca indra yang lain, dan alat-alat yang canggih(tape, recorder,photo,kamer dll), terlibat langsung. Sumber primer ini dapat berupa kesaksian langsung dari pelaku sejarah (sumber lisan), dokumen-dokumen, naskah perjanjian, arsip (sumber tertulis), dan benda atau bangunan sejarah atau benda-benda arkeologi (sumber benda).

2.Sumber sekunder
Yaitu kesaksian dari siapa pun yang bukan merupakan saksi pandangan mata, yakni orang yang tidak hadir pada peristiwa yang dikisahkan. Disamping berupa kesaksian dari orang yang tidak terlibat langsung dalam peristiwa sejarah, yang termasuk dalam sumber sekunder lainnya adalah buku-buku tangan kedua dari penulis sejarah lain.
D.Bukti Sejarah
1. Bukti tertulis
Bukti tertulis mirip dengan sumber tertulis pada sumber sejarah yang memuat fakta-fakta sejarah secara jelas, berwujud benda yang kongkret.seperti benda-benda yang ada atau peninggalan.
2. Bukti tidak tertulis
Bukti tidak tertulis mengandung unsur-unsur sejarah. bukti tidak tertulis dapat berupa cerita atau tradisi.
E.Beberapa tempat untuk mencari sumber-sumber sejarah:
• Museum: tempat untuk menyimpan benda-bendakuno untuk bahan-bahan yang tidak terdapat dalam buku bahan bersifat arkeologis, epigrafis, dan numistis.
• Perpustakaan: tempat untuk menyimpan dan bacaan buku-buku usaha mendapatkan keterangan mengenai subyek sejarah juga keterangan emnjadi pengarah.
• Arsip Negara: tempat menyimpan dokumen-dokumen resmi
• Arsip: tempat menyimpan informasi subyek sejarah misalnya dokumen pribadi antiquary, kantor-kantor pemerintah, perusahaan dan sbg.
D. Kritik sumber (vertivikasi,otentitas, valliditas)
Dokumen disebut terpecaya jika setelah dilakukan uji ulang hasilnya sama. Otentitas sumber bukan hanya berlaku bagi dokumen tetappai juga berlaku bagi sumber-sumber lainnya. Keaslian ini biasanya diburu oleh peneliti sajarah atas otentitas dan valid tidaknya factor dalam dan luar.
E. Sumber-sumber sejarah dapat dibantu dengan ilmu lain seperti, ilmu purbakala (arkeologi), ilmu tulisan kuno (paleografi), ilmu hitung waktu (kronologi), ilmu mata uang (numismatik), ilmu keturunan(genelogi) dll. Ilmu social yang perlu dipelajari seperti, geografi, antropologi, ekonomi, hokum dan sbg.

MASJID AL-AKBAR SURABAYA

MASJID AGUNG AL-AKBAR SURABAYA
Masjid dari segi bahasa, kata tersebut terambil dari akar kata sajada-sujud, yang berarti patuh, taat, serta tunduk dengan penuh hormat dan takzim. Meletakkan dahi, kedua tangan, lutut, dan kaki ke bumi, yang kemudian dinamai sujud oleh syariat, adalah bentuk lahiriah yang paling nyata dari makna-makna di atas. itulah sebabnya mengapa bangunan yang dikhususkan untuk melaksanakan shalat dinamakan masjid, yang artinya "tempat bersujud." Dalam pengertian sehari-hari, masjid merupakan bangunan tempat shalat kaum Muslim. Tetapi, karena akar katanya mengandung makna tunduk dan patuh, hakikat masjid adalah tempat melakukan segala aktivitas yang mengandung kepatuhan kepada Allah semata. Karena itu Al-Quran sural Al-Jin (72): 18, misalnya, menegaskan bahwa, Sesungguhnya masjid-masjid itu adalah milik Allah, karena janganlah menyembah selain Allah sesuatu pun. Rasul Saw. bersabda, Telah dijadikan untukku (dan untuk umatku) bumi sebagai masjid dan sarana penyucian diri (HR Bukhari dan Muslim melalui Jabir bin Abdullah). Jika dikaitkan dengan bumi ini, masjid bukan hanya sekadar tempat sujud dan sarana penyucian. Di sini kata masjid juga tidak lagi hanya berarti bangunan tempat shalat, atau bahkan bertayamum sebagai cara bersuci pengganti wudu tetapi kata masjid di sini berarti juga tempat melaksanakan segala aktivitas manusia yang mencerminkan kepatuhan kepada Allah Swt. Dengan demikian, masjid menjadi pangkal tempat Muslim bertolak, sekaligus pelabuhan tempatnya bersauh.
Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang memiliki beragam wisata religi, juga banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah dan situs, makam para wali, masjid tua yang bersejarah, dan masjid Al Akbar yang ada di Surabaya. Beragam wisata religi di Jawa Timur selalu ramai dikunjungi baik dari lokal maupun luar daerah dan ada juga yang dari luar negeri atau mancanegara. Masjid al-akbar Surabaya, masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di asia tenggara. Terletak di selatan Surabaya wilayah Pagesangan dekat dengan jalan tol Surabaya Gempol, dibangun di atas lahan seluas 11,2 hektar dengan luas bangunan kurang lebih 28.509 meter persegi.Tanah untuk membangun masjid al-akbar disediakan oleh pemda Surabaya, ditambah lahan luasnya penduduk yang rela dibebaskan hinga mencapai-+ 11,2ha. Dari desain arsitektur oleh tim ITS dengan konsulatan ahli yang telah berpengalamn banyak yang membangun masjid-majid besar Indonesia maupun luar negeri. Pelaksanaan dimulai dari dengan Loading test untuk mengetahui kekuatan tanah, kemudian langkah selanjutnya adalah menentukan arah kiblat yang berita ini atau waktu pelaksanaan hal ini banyak dihadiri para pemuka agama dan departemen agama, begitu pula dewan masjid dll. Mengingat posisi tanah lebih labil dengan tingkat kekerasan yang minim, maka pembuatan pondasi dilakukan dengan system pondasi dalam paku bumi, dengan menacapkan tiang panjang beton berdiameter 60 cm, sedalam 30 cm dan sebanyak 2000 lebih titik tiang pancang. Karena banyak yang diperlukan, terjadi kekurangan stok sehinga harus dikirim dari jawa tengah. Proses pemacangan pondasi ini menhabiskan waktu tiga bulan. lantai dirancang dengan ketinggian 3 meter dari pemukiman jalan sekitar lokasi, berarti diperlukan tanah pengangguran setinggi itu pula. Namun dalam pelaksanaan selanjutnya mengalami perubahan, ruangan-urungan dijadikan basement, lantai diatas besment disangga dengan tian-tiang. Pengerjaan lantai dibuat dengan sistemm pengecoran di tempat dan beton precast, terdiri dari pelat lantai empat pesergi pnajang dengan lebar 3x3 meter dan tebal 15 cm. sampai dengan tahap penyelesaian lantai yang lantai memakan waktu kurang lebih tiga bulan untuk pembangunan masjid sudah sempat digunakan untuk sholat idul fitri. Untuk kedudukan atap disiapkan, balok beton dengan system vierendeel, yang menhubungkan kolom-kolom struktrur pada ketinggian 20m atas lantai dasar. Balok beton ini membentang 30m tanpa kolom sehingga bidang lantai tidak terpisah oleh sekat, dengan dijamin bahwa jamaah tidak terpisah oleh sekat waktu sholat. Rangka kubah dibuat dengan system spce frame, menggunakn bahan besi baja dengan sisitem cremona atau struktur segitiga yang disambung-sambung. Selanjutnya kubah dibentuk di atas rangka atap dengan bentangan utam sampai sepanjang 54 meter, tanpa tiang penyangga.Pentup struktur rangka kubah atap dan kubah adalah enamel shee penel, yaitu plat baja yang dicating atau diwarnai, kemudian dipanskan hingga 800 derajat celcius selanjutnya plat dipotong-potong dengan ukuran trtentu dan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan, sehingga berfungsi sebagai atap. hal ini di disain kusus untuk masjid al-akbar kira-kira bertahan sampai 50 tahun dengan kemapuan untuk tahan panas dan hujan, serta tahan karat. Penutup rangka bawah berfungsi sebagai plafon ditutup dengan bahan kedap suara , sehingga akustik pada banguna ini didesain dengan sangat memadai. Ciri yang mudah dilihat adalah kubahnya yang besar didampingi 4 kubah kecil yang berwarna biru kombianasi dengan hijau. Keunikan kubah ini, bentuknya hampir menyerupai setengah telur dengan 1,5 layer, memiliki tinggi sekitar 27 meter. Model kubah menumpu pada bentuk piramida terpancung dalam 2 layer setinggi 11 meter dengan bentang tumpuan atau diameter 54 m x 54 m. Serta memiliki satu menara yang tingginya 99 meter.
Masjid ini dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, atas gagasan Walikota Surabaya saat itu, H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI H. Tri Sutrisno. Namun karena krisis moneter pembangunannya dihentikan sementara waktu. Tahun 1999, masjid ini dibangun lagi dan selesai tahun 2001. Pada 10 November 2000, Masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid. Ini tertulis di depan pintu masuk al-akbar, terdapat batu tulisan yang merismikan dan pelatakan perttama beserta miniatu dari masjid al-akbar ini. Ketika, Nampak dari kejauhan terkesan damai dan sejuk, masjid berlantai dua ini dilengkapi lift dan menara. Pengunjung masjid dapat menikmati pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo. Dihiasi dengan berbagai corak ukiran dan kaligrafi di seluruh bagian bangunan. Pintu masuk masjid diukir dan dibuat dengan kayu jati sebanyak 45 pintu utama.Dengan daun pintu ganda yang berarti dibutuhkan 90 daunpintu ganda dengan ukran lebar 1,50 M dan tinggi 4,50 M. pintu ini dipesan dari pengerajin Surabaya berat pintu 250 kg. Di serambi depan masjid juga terdapat bedug dan kentongan yang khas ukirannya. Memasuki masjid, pengunjung disuguhi ornamen ukir dan kaligrafi yang sangat dominan menghiasi dinding-dinding masjid. tempatkan rak Al-Qur’an yang tersebar di seluruh penjuru masjid. Ornamen atas terdapat kaligrafi sepanjang 180 meter dengan lebar satu meter. Semua ornamen dan kaligrafi yang ada adalah sebagian dari ekspresi terhadap keagungan Allah SWT. Masih dalam nuansa arsitektur, salah satu penunjang keindahan adalah terpenuhinya kebutuhan penerangan, mulai dari penerangan dalam gedung, halaman, taman, hingga lampu yang menerangi kubah dan menara. Untuk menggerakkan energi, saat ini dipasok listrik berkekuatan 1 Mega Watt. Penunjang keindahan lain adalah interior hiasan kaca patri yang lama tidak dipergunakan oleh masyarakat umum. Padahal kaca ukir seni ini menjadi suatu kekuatan dan keindahan tersendiri di bidang eksterior dan interior. Selain bermanfaat menghemat energi, kaca patri ini juga berfungsi untuk meredam suara bising. Di ruang utama sering diselenggarakan tabligh akbar yang melibatkan TV atau pihak ketiga. Kegiatan tersebut bernama tabligh akbar. Sedang defenisi Tabligh Akbar di lingkungan MAS adalah kegiatan pengajian yang dihadiri umat Islam dengan menggunakan semua area MAS atau kegiatan yang menutup kesempatan orang lain menggelar acara, kecuali Resepsi Pernikahan di Ruang As Shofa dan Al Marwah. Contoh kegiatan ini Dzikir Ustadz Haryono dan dakwah Arifin Ilham. Sering diadakan keajian islamia, terutam selesai jum’atan. Keterangan ini diperoleh ketika salatu jamaa mengantakan “pernah dan mungkin sering kedatangan orang-orang luar negeri . ada kejadian ketika terjadi peperangan dinegara islam salah satu orang yang berkempentingan dating kemasjid tersebut dengan melihatkan kejidaian yang sebenaranya.” Hal ini membuktikan bahwa al-akbar juga menyugukan wawasan yang luas.
Di MAS juga tersedia dua gedung pertemuan yang representatif, yakni ruang as Shofa dan al Marwah. Kedua gedung ini bisa digunakan untuk resepsi pernikahan, seminar, pameran dan sebagainya. Selain dipakai akad nikah, ruang Zaitun ( di bawah Ruang As Shofa) dan Ruang Yasmin (di bawah Ruang Al Marwah) seringkali dipakai masyarakat untuk kegiatan manasik haji, pengajian, penyuluhan agama, pesantren Ramadhan dan sebagainya. Profil dan fasilitas masing-masing ruang tersebut adalah, luas 42 M x 42 M, mampu menampung 4.000 undangan, sound system, kapasitas listrik maksimal 10 Kva, kebersihan dan keamanan. Karena ada paduan antara nuansa alam dan ornament pintu dan bedug masjid, ini mengundang daya tarik tersendiri, terutama para pecinta seni dan budaya Islam. Tidak heran, jika banyak masyarakat dan perusahaan yang menggunakan area ini untuk menggelar berbagai kegiatan, antara lain lomba kaligrafi, lomba nasyid), fashion show, lomba mewarnai, kasidah tradisional dan banyak event lainnya.. Bagi pengunjung yang datang untuk sekedar melepas lelah ataupun yang ingin bersantai sehabis salat Jumat bisa internetan gratis karena disediakan hot spot dan wi-fi.
Dari menara masjid dengan tinggi 99 meter tersebut. Tarifnya hanya Rp. 3000,- (Tiga ribu rupiah) per orang. Didalamnya terdapat orang jualan, yang menemani ketika melihat pemandangan kota Surabaya . ketika meliput terdapat siswa yang mengatakan “subhanallah, mahasuci Allah begitu indahanya pemandangan masjid ini. Bisa melihat pesawat yang turun secara jelas dan jalan tol yang indah”. Tak lepas dari itu kaca yang menghiasi menara tebal. Dalam rancangan menera tadinya berjumlah 7 buah namun karena pertimbangan-pertimbangn yang bersifat teknis maupun biaya, menra hanya dibuat satu. Untuk membangun slip from dari singapura yang kurang lebih memerlukan waktu 2 bulan dalam pengecorannya menara ini dilengkapi dengan lift dan memuat orang sebanyak 30 orang. Tak lupa terdapat fasilitas-fasilitas yang memadahi salah satunya terdapat satunya ada perpustakaan, ploklinik dan taman pendidikan dll. Seangkan ketika bulan puasa atau hari libur kebanyakan ada orang-orang yang berjualan di pinggir-pinggir masjid ini.

Sumber-sumber:
Laporan pembangunan masjid al-akbar Surabaya
Rifa’I bachrun rifa’i.Menjemen masjid(2005:Benang merah bandung
http://www.eramuslim.com/hikmah/rihlah/masjid-al-akbar-surabaya.htm
http://heryanto-h2o.blogspot.com/2011/01/masjid-al-akbar-surabaya.html
http://luk.staff.ugm.ac.id/kmi/islam/Quraish/Wawasan/Masjid.html