Senin, 16 Januari 2012

Mahatma Gandhi

Biografi Gandhi Mohandas karamchand gandi

adalah salah satu orang bijak dari Timur, Mahatma (Jiwa yang Agung) demikianlah julukan yang lebih dikenal oleh masyarakat. Dilhirkan pada 2 oktober 1869 di Probandar, sebuah kota kecil di wilyah Gujarat, India Barat. Ayahnya bernama, karmchand Gandhi adalah seorang perdana mentri. Sedangkan ibunya, Putlibai adalah seorang wanita yang taat menjalankan agama . Latar belakang agama yang dimiliki olehkeluaraga Gandhi adalah Waisna. Sebuah agama hindu, dari agam ini dia belajar untu vegetarianisme, nir-kekerasan (non-violent) dan praktek kekerasan dan praktek berpuasa sebagai pemurnian diri. Kasata yang dimiliki adalah kasta Bania. Ia lahir ketika susana politik diIndia keruh akibat penjajahan ingris. Yang diawali oleh tentara inggris dibantu oleh tentara sepoy semntara pihak pribumu India dantu oleh tentara prancis. Tapi kemenngan didapata oleh ingris dan akhirnya prancis mundur, dalam situasi seprti ini Gandhi lahir. Bapu begitulah nama panggilan yang disukai oleh Gandhi, kehidupan masa kecil Gandhi sangat berbeda dengan kanca politik yang dimiliki. Bapu ketika maasih kanak-kanak adalah sosok yang pendiam, penakut dan pemalu. Ada cerita yang mengatakan bahwa Gandhi ketika malam tiba maka beliau akan mengangis, karena ketakutannya dalam kegalapan. Bapu menempuh pendidikan di mulai umur enam tahun memasuki sekolah dasar yakni di Dhooli Shalla, ketika berumur tujuh tahun keluarganya pindaj ke Rajkot negara serikat lain dari wilayanh kathiwad. Bapu bersekolah disana, sifat pemalu membuatnya tidak banyak bergaul. Kira-kiara pada usia 12 tahun, bapu melihat kebiasaan buruk pamannya. Ia mencoba meniru perbuatan buruk itu denan mencuri rokok dengan bersembumbunyi. Di usianya yang 12 tahun, bapu dinikahkan dengan Kasturbai makanji seorang saudagar Probondar berkasta Bania. Gandhi di jodohkan sejak usia 7 tahun tanpa sepengetahunnya, hal ini menjadi tradisi disana. Pada masa remaja, sekitar usia 15 tahun, Gandhi melanjutkan sekolah menengah ata Alfred di Rajokat. Prestasi yang dirai cukup mumpuni, ia sering mendapat penghargaan dan didisukai oleh para guru. Namun dalam sisi lain ia tidak memperdulikan pelajaran olahraga dan menulis tangan. Ketika ayahnya sakit bapu merasa wajib merawat ayahnya, teyapi sebulum hal itu ia telah banyak melanggar perintah agama dan mengecewakan keluarga besrta sang ayah yang lagi sakit. Bapu merasa perlu untuk memmberu tahu hal tersebut kepada sang ayah. Ia tak mempunyai cukup keberanian untuk mengungkapkan secar seponta atau face to face. Kesalhan yang diperbuat ia tulis dalam surat untuk diberitahukan kepada sang ayah. Inti dal surat tersebut antara lain mencuri rokok, memakan daging dan mausk kemar wanita yang dibayarkan oleh Mehtap tapi bapu tak berbeuat apa-apa dalam kamar tesebut. Sang ayah yang menerima surat tersebut merasa terpukul dan meninggal dunia pada tahun 1885. Dengan rasa bersala karena tidak merawat sang aya ketika sakit, bapu mencoba kembali menata hidup dengan jalan yang benar menurut agamanya. Setelah kematian itu, keluarga Gandhi mengalami kemerosatan ekonmi. Pada awalnya Gandhi memutuskan sekolah di College Bhavnagar pada tahun 1887, tapi itu hanya sebantar karena keterbatasan biaya yang dimiliki. Atas saranteman dekat dari seorang ayah Gandhi memutuskan akan pindake Londen, Inggris untuk menumpuh studi di Fakultas hukum. Sebelum keberangkatannya menuju Inggris ia mendapatkan tiga maslaah yang rumit. Pertama, soal keuangan kareana keluarganya saat itu dalam kesulitan ekonomi. Ia membutuhkan uang untu onkos perjalanan dan pendidikan yanng akan ditempuh. Kedua, soal agama, karena menyeberang lautan di untuk pergi keluar negeri merupakan perbuatan yang dilarang oleh Kasta Bania. Ketiga, soal ibunya yang keberatan dan kawatir melihat Gandhi dinegeri orang. Tapi persoalan tiga-tiganya dapat diselesaikan dengan baik oleh Gandhi dia meyakinkan keluarga. Bahwa Gandhi berjanji bisa menjaga agamanya. Sebelum keputusannya diInggris diambil, kasturba istri Gandhi melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Harilal. Gandhi tiba di London pada 4 september 1888, usianya menginjak 18 tahun. Ia diteterima di university College London atau Inns of curth, inner Temple, pertama kali ia tinggal di tempat pemondokan. Disana ia diajarkan peraturan yang berada di Londen tapi karena biaya yang mahal akhirnya ia pindah kekamar sewa yang lebih murah. Di Belanda Gandhi tidak hanya bersekolah, ia mengambil kursus bahasa latin dan Perancis, disamping itu belajar melalui Bhagavad Gita.diperkenalakannya injil oleh teman-temannya, Gandhi beruntung mendapatkan teman-teman yang vegettarian walaupun ada yang tidak. Dalam pergaulan teman-temannya adala orang yang sederhana menjunjung tinggi nilai moral. Selain adat istiada yang dipelajari kebudayaan barat juga. Setelah lulus ujian menjadi pengacara, Gandhi kembali ke India pada Juli 1891. Kembalinya Gandhi ke India, dia mendapati bahwa ibunya telah meninggal beberapa minggu yang lalu. Ia diharapkan sebagai penopang keluarga, ilmu yang didapatkan di belanda mencoba iaterapkan di Bombay tapi kenyataan ini gagal, dan mengecewakan.kemudian iamenjadi guru paruh waktu di High Scjool, tapi gaji yang tidak sesui dengan prefesionalitasnya akhirnya ia keluar juga. Gandhi kembali ke Rajakot dan memutuskan untuk hidup sederahana, ia menyusun konsep-konsep untuk hal persengketaan untuk diajukan dalam persidangan. Gandhi keluar dari sini karena sering mendapatkan prilaku buruk dari para petugas yang berkebangsan Inggris. Kanca Mahtama Gandhi di Afrika bermulai dari undangan Dada Abdullah, untuk membantu perusahaannya menangani kontraknya selama satu tahun. Ia pergi ke Afrika pada april 1893, bapu meninggalkan anak dan isrinya diIndia. Adanya penindadasan yang terjadi saat itu, ketika di pengadilan Durban ia medapatkan pertentangan karena tidak mau melepas surban yang berda di kepalanya. Ketika mencoba kepengedilan di sebuah kota Provinsi transfal, ia menggunaka perjalan dengan kereta api. Perjalan dikereta api bisa ditempuh selam semalam penuh, tapi belum sampai tujuan ia dipaksa keluar dari kerta. Karena tidak maungalah dengan penumpang yang berasal dari Eropa. Adanya diskriminasi disin dialami oleh Gandhi, terjadi perubahan polah pikir dan sikap. Dia bertekad bahwa kejahatan yang tumbuh dari prasangka buruk terhadapkaum kulit berwana (non putih) harus dilenyapkan dari peradaban. Dalam perjalan selanjutnya ia ditolak masuk ketika akan masuk hotel, yang diberi tanda kusus untuk orang-orang eropa. Di pretoria, Gandhi mempelajari perkara hukum yang menimpa Dada Abdullah. Kemudian dia meyakinkan kedua belahpihak yang bersengketa untuk menyelesaikan di hadapan hakim arbitrase, ternyata hasil yang memuaskan telah diterima oleh keduabelapihak. Didalam catatan oto biografinya gandi menuliskan: “........... Kebahagiaanku tiada berhingga. Aku telah belajar dari praktek penerapan hukum yang sesungguhnya...... Aku menyadari bahwa fungsi hukum yang sebenarnya untuk menyatukan kedua belah pihak yang bercerai berai.” Ketika kontranya dengan Dada Abdullah telah berkhir ia menginginkan kembali ke Durban. Dada Abdullah telah menyiapkan pesta perisahan untuk Gandhi, kesempatan ini digunakan oleh Gandhi untuk membahas hak-hak orang india, yaitu hak untuk memilih wakil-wakil rakyat duduk didewan perwakilan rakyat Natal. Diakhir diskusi mereka memutuskan untuk untuk emlakukan perorganisasian dan pengerecut pada dibentuknya komite perlawanan. Ternya belliau di afrika selatan selam 21 tahun, hinga akhirnya juli 1914 baru meninggalkannya. Ketika di afrika selatan ia mngatakan “Demikianlah, selama aku menetap di Afrika selatan, Tuhan yang Maha Kuasa telah meletakkan suatu dasar pijakkan dan pegangan hidup bagiku. Tuhan jualah yang telah menaburkan perjuangan demi mengakan kehoramatan dan kedaulatan bangsa.” Akhirnya Gandhi mendirikan Natal Indian conggres pada agustus 1894. Selain diguanakan untuk alat pemersatu ia juga mempunya dua keinginan. pertama, menyadarkan orang-orang eropa bahwa sikap mereka terhadap orang-orang India sangatlah tidak baik. Kedua, mengangkat orang-orang India agar keluar dari kelemahan diri melintas yang mudah menyara. Selain kancahnya dalam bidang politik, dia jga mengajarkan pada rakyaat india nilai-nilai soial dalam kehidupa, kebersihan yang selam ini belumdiperhatikan. Meluapakan tentang perbedaan agama dan kasta dianatara mereka. Memperbaik cara dagang, dia menulis naska pidato, menulis surat kabar, mengirim surat terbuaka terhadap pejabat-pejabat penting ats ketidak adilan. Dalam jangkawaktu yang sangat lam ia berhasil mendirikan Natal Indian conggres pada agustus 1894 untuk alat pemersatu yabg paling kuat serta merekatkan solidaritas keberagamandikalangan masyarakat india dalam perjuanganuntuk reformasi sosial. Pada tahun 1896 ia menjemput anak dan isrtianya, dia juga menggunakan kesempatan ini untukmerai simpati publik serta mengadakan pertemuan dengan pemimpin nasionalis india lainnya. Gandhi juga menulis pmaflet yang berisi tentang penderitaan orang India di Afrika selatan yang dikenala dengan Green pamflet. Hal ini membuat orang berkulit putih marah yang diberitakan oleh south African press. Dampak nya dengan ingin kembalinya Gandhi keduraban, sempat terjadinya penahan kapal dan pemukulan pada Gandhi bahkan ada yang ingin membunuhnya. Pemerintahan Natal mengutus untuk mengusut kasus ini, tapi ditolak oleh Gandhi. Menurutnya mereka (orang yang mengeroyok Gandhi) adalah orang yang salah paham. Gandhi berkeyakian jika kebanaran akan terunkap maka mereka akan menyesaliya. Upaya Gandhi untuk kesetaraan bagi orang-orang afrika selatan tidak berhenti dari situ. Cara selanjutnya Gandhi mengeluarkan 1100 relawan untuk membantu krisis yang menimpa afrika selatan. Dengan ini berharap orang berkulit putih bisa menyatu dan mengahapuskan perbedaan. Tapi kenyataan itu tidak berlangsung lama dengan berakhir perang boer. Masyarakat afrika selatan tetap mengangap orang-orang india dipanadang sebagi sampah masyarakat. Semangat Gandhi tidak berhenti dari sini ia tetap memperjuangkan prinsipnya. Ketika terajadinya pemberontakan di Zuhlu pada 1906, Gandhi beserta 20 orang lainnya membentuk regu kecil. Mereka bergabung dengan tentara inggris untuk membantu kesehatan dan membawa perlengkapan perang. Perang ini mem berikan kesan yang mendalam untuk Gandhi, baha ketika beliau mengobati luka-luka dalam peperangan membuat Gandhi sadar bahwa butuh keiklasan total merupakan syarat utama sehinnga seseorang bisa memberikan jiwaraganya untuk mepersembahkan pengabdian bagi bangsa dan seluruh rakyatnya. Ketika usia Gandhi menginjak 39 tahun ia bertekat menjalankan brakhmacharya, yaitu pantangan untuk melakukan hubungan seksual demi meraih kesucian di akhir hidupnya. Pada 22 Agustus 1906, pemirintahan transvaal telah mengumumkan satu peraturan yang sangat merendahakan kaum India. Diantaranya dengan adanya wajib lapor dan pembayaran pajak, sebenarnya keinginan pemerintahan ini adalah untuk menggalkan atau mebayar denda. Tapi masyarakat India bersikeras mempertahankan hak-haknya, walau harus dipenjara dan tidak mau menuruti pemerintahan saat itu dengan apa yang diperintahkannya. Semangat ini merupakan cikal bakal dari gerakan Satyagraha sebuah metode baru yang diperkenalkan oleh Gandhi. Keteguhan dengan memgang pada kebenaran dan melawan kekeran dengan cara nir-kekersan. Gerkan ini merpukan perjuangan terbesar dijaman modrnkarena paling murni tujuannya, begitu juga metode yang ditempuh. Gerakan Satyagraha di perkuat dengan adanya peristiwa pengadilan yang mengatakan bahwa pernikahan yang tidak diselengarakan dengan ritual ajaran kristen dan tidak didaftarkan kelembaga pencatat perkawanian maka tidak memiliki status hukum. Pada puncuknya 1913 ribuan orang yang bekerja di pabrik pertambangan berhinti. Dengan semangat mereka menangukan siksaan yang berat di pukuli, di penjara, bahakan di temabak. Berakhir dengan adanya kompromi dari pihak gubuner afrika selatan seta Gandhi. Mesikupun yang diperoleh komunitas india itu kecil, Gandhi tetap berkeyakinan bahwa ini adalah kemenagan yang disebut “Magna carta”. Pada 18 juli 1914 Gandhi harus pergi meninggalkan Afrika selatan dan kembali ke India. Dia tiba di Bombay pad 9 januari 1915, Gandhi melakukan perjalanan ke berbagai pelosok India. Dia melakukan pertemuan dengan banyak orang serta para pemimpin nasional. Pada Mei 1915, Gandhi mendirikan Ashram di kochrab dekat Ahmeddabad, dan kemudian pindah ke Sabarmati.tapi akhirnya ia pindah dan mendirikan Ashram di India ini harus dilusruskan mengikuti sumpah dan berpegang teguh terhadap nir-kekerasan. Gandhi bisa meraih kemenangan di India pada 1917, ketika itu Gandhi berjuang untuk para petani pribumi India yang sangat misikin, di Bihar. Mereka telah dieksploitasi oleh para tuan tanah selama bertahun-tahun, keberhasilan di Champaran yang diperoleh relatif mudah. Kekuatan dan pengaruh satyagraha diperlihatkan dengan adanya pemogokan buruh pabrikdi ahmedabad. Adanya rancangan undang-undang untuk penindasan orang india telah menjadi semnagat saat itu. Pada 6 April 1919, Gandhi mengumumkan hari itu sebagai hari Sayagraha dan mengumumkan agar berpusa dan berdoa. Tetapi aksi ini berujung pada kekerasan, ia menebusnya dengan berpuasa selam 72 jam. Puncak kekarasa terjadi besar-besaran pembunuhan hamppir 400 orang india, peristiwa ini terjadi karena permusuhan antar orang Inda dan Inggris. Pada tahun 1920 Gandhi menapaki figur yang dominan, Gandhi memimpin non-koprasi dan nir kekerasan melawan pemerintahan inggris. Gerakan ini berbuah pada penangkapan dan penahan Satyagrahis di seluruh India. Pada 5 febuari 1922 Gandhi kembali menyerukan penghentian gerakan pembangkangan sipil, seuruan ini terjadi karena adanya pembunuhanbrutal terhadap 23orang polisi. Gandhi sendiri dipenjarakan pada 10 maret 1922 dengan tuduhan menyebarkan hasutan, ia dipenjara selam 6 tahun. Pada febuari 1924 ia di bebaskan, tapi ia mendapati perpecahan politik menjadi dua kelompok juga tumbuhnya rasa saling mencurigai anatara kaum Hindu dan Islam. Ia menfokuskan untuk menghilanhkan fanatisme, Gandhi mengadakan puasa pada 1924 berkeinginan untuk terjadinya keharmonisan pada masalah tersebut. Pada 26 Januari 1930, ditetapkan sebagai tonggak perjuangan meraih kemerdekaan, Gandhi menyusun deklarasi kemerdekaannya dan mengumumkan penjelasannya kepada raja muda saat itu, yang terdiri dari sebelas poin. perjuangannya diawali dengan pelucuran gerakan satyagraha untuk menentang pemungutan pajak garam dengan cara membuat garam sendiri. Reaksi ini menimbulkan gaungan yang luar biasa. Hal ini merupakan sinyal bagi seluruh bangsa India untuk bergabung dalam gerakan nir-kekerasan untuk menentang segala kekuasaan pemerintahan inggris. Pada 12 Maret 1930, di pagi buta gandi bersama 78 relawannya menuju Dandi, disana mereka akan memeperjuangkan tentang penolakannya. Tapi yang diperoleh adalha terjadi penjarahan dimana-mana kepada orang-orang yang memngikuti aksitersebut. Gandhi menyampaikan seruan agar menghentikan kampanye untuk mengahadiri konverensi meja bundar di London dengan tujuan memerdekakan India. Hasil yang diperoleh ketika konfereinsi tersebut berakhir adalah ni hil (tidak meraih apa-apa). Sepulangnya dari konfrensi meja bundar ia tiba di India pada Desember 1931, ia mendapati partainya menghadapi serangan dan tekan dari Lord Willington penganti raja muda. Gandhi kembali ditangkap tanpa diadili karena perlawanan terhadap politik yang memisahakan antara kaum yang tidak berkasta. Ia mengadakan perlawanan dengan berpuasa pada 20 September 1932, hasil berpuasanya mendapatkan respon yang baik pada masyarakat. Semangat puasa Gandhi dengan menjadikannya sebagi titik awal bagi tumbuhnya kampanye besar-besaran demi terhapusnyaketidak adilan pada kaum tak berkasta. Gandhi mengahiri puasanya pada 26 september 1932, tapi pada mei 1933 ia kembali berpuasa. Karena meningkatnya ketidak adilan dan kekejian yang terus menerus. Bermula dari keprihatinannya Gandhi menyusun progam untu kamu kasta yang berada dibawah, dan meningkatkan kualitasnya. Keinginan untukmeningkatkan hasil produksi dari kasta bawa dan usaha-usaha yang lain. Tapi ia mundur dari kepemimpinannya di partai kongres pada 1934 kareana nir kekerasan dipandang sebagai alat persoalan politik. Dengan bantuan partai kongres, Gandhi segera mendirikan Asosiasi industri pedesaan seluruh India, contohnya membangun desa percontohan di dekat wardha india Tengah. Ditempat inilah Gandhi mengakhiri sisa hidupnya. Dengan pecahnya perang dunia ke II, India memiliki fase paling akhir, sekaligus fase paling krusial. Gandhi adalah sosok yang menentang keras faham fasisme sebagai mana dia menetang kongres ini . Pada maret 1942, inggris mengirimkan sir stanfford cripps ke India sebagia solusi komprotis. Tapi Gandhi menolaknya dan mengeluarkan resolusi “Tinggalkan India” , perjuangan berikutnya adalah “hidup atau mati”. Sementara Gandhi dan rekan-rekan seperjuangannya berada dalam penjara, gerakan separatis Muslim menuntut negara terpisah khusus bagi orang-orang muslim. Peristiwa ini tepat terjadi pada waktu ketika Inggris akhirnya bersiap untuk memberikan kemerdekaan bagi India. Persatuan antara kaum Hindu dan Muslim merupakan salah satu hidup Gandhi. Tetapi, akhirnya pemisahan itu tetap disetujui . kenyataan ini menyadarkan bahwa impian yang didambakan sepanjang hidupnya telah hancur. Gandhi mencoba menghibur dirinya dengan cara mengobati orang-orang yang terluka akibat konflik komunal. Gandhi mendapati bahwa ia ditolak karena dia dianggap kawanan muslim. Sedangkan bagi kaum muslim, dia ditolak karena dia sendiri beragama hindu. Tetapi ia tetap berkeyakinan dan mempertahankan nir-kekerasan. Selama masa permusuhan anatara kaum muslim dan hindu, Gndhi berpuasa tanpa berbuka dan siap mati. Puasa Gandhi mendapat respon yang baik dan september 1947 puasanya telah menhentikan kerusuhan di Kalkutta. Pada januari 1948 kerusuhan dihentikan oleh semangat saling memaafkan dan harmoni kumunal, bersamaan dengan perdamaian itu di New Delhi pada 30 januari 1948. Ditembak mati oleh seorang hindu yang fanatik, perjalanan kehidupan Gandhi telah merubah sejarah India. 
Beberapa ajaran Mahatma Gandhi: 
1.Change Yourself. "You must be the change you want to see in the world." = Kau sendiri mesti menjadi perubahan seperti yang kauinginkan terjadi dalam dunia ini 
2. You are in Control. "Nobody can hurt me without my permission." = Tak seorang pun dapat menyakitiku bila aku tidak mengijinkannya =Orang yang berhasil mengendalikan dirinya, tak akan terkendali oleh orang lain. Ia tidak bisa dibeli, tidak bisa digoda, tidak bisa dirayu. Ia memiliki kepercayaan diri yang luar biasa. 
3. Forgive and Let it Go. "The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong.... An eye for eye only ends up making the whole world blind." = Seorang lemah tidak dapat memaafkan. Kemampuan untuk memaafkan hanyalah ada pada mereka yang kuat...... Bila pencungkilan mata dibalas dengan mencungkil mata, maka seluruh dunia akan menjadi buta. 
4. Without Action You aren't Going Anywhere. "An ounce of practice is worth more than tons of preaching" = Satu ons tindakan lebih baik dari pada berton-ton dakwah. 
5. Take care of this moment. "I do not want to foresee the future. I am concerned with taking care of the present. God has given me no control over the moment following." = Aku tidak tertarik untuk melihat apa yang dapat terjadi pada masa depan. Aku tertarik dengan masa kini. Tuhan tidak memberiku kendali terhadap apa yang dapat terjadi sesaat lagi. 
6. Everyone is Human. "I claim to be a simple individual liable to err like any other fellow mortal. I own, however, that I have humility enough to confess my errors and to retrace my steps." = Aku hanyalah seorang manusia biasa yang dapat berbuat salah seperti orang lain juga. Namun, harus kutambahkan bahwa aku memiliki kerendahan hati untuk mengakui kesalahan-kesalahanku dan memperbaikinya. "It is unwise to be too sure of one's own wisdom. It is healthy to be reminded that the strongest might weaken and the wisest might err" = Mempercayai kebijakan diri saja adalah tindakan yang tidak bijak. Kita mesti ingat bahwa sekuat apa pun diri kita, bisa menjadi lemah; sebijak apa pun diri kita, masih bisa berbuat salah. 
7. Persist. "First they ignore you, then they laugh at you, then they fight you, then you win." = Awalnya, mereka meremehkanmu, kemudian mereka menertawakanmu, dan melawanmu, lalu engkau keluar sebagai pemenang. =Jangan menyerah, pantang mundur..... Pun tidak cukup bila kau sekedar bertahan, jangan berhenti, maju terus.... 
8. See the Good in People and Help Them. "I look only to the good qualities of men. Not being faultless myself, I won't presume to probe into the faults of others" = Aku hanya melihat sifat-sifat baik di dalam diri sesama manusia. Karena, diriku sendiri tidak sepenuhnya bebas dari keburukan, maka aku tidak membedah orang lain untuk mencari keburukan mereka. "Man becomes great exactly in the degree in which he works for the welfare of his fellow-men" = Manusia menjadi besar selaras dengan kebaikan yang dilakukannya bagi sesama manusia. "I suppose leadership at one time meant muscles; but today it means getting along with people" = Barangkali otot menjadi tolok ukur bagi kepemimpinan pada masa lalu. Sekarang, tolok ukurnya adalah hubungan dengan sesama manusia. "Nonviolence does not signify that man must not fight against the enemy, and by enemy is meant the evil which men do, not the human beings themselves."
9. Be Congruent, be Authentic, be Your True Self. "Happiness is when what you think, what you say, and what you do are in harmony." = Keselarasan antara apa yang kaupikirkan, apa yang kauucapkan dan apa yang kaulakukan - itulah kebahagiaan. "Always aim at complete harmony of thought and word and deed. Always aim at purifying your thoughts and everything will be well." = Jadikanlah keselarasan antara pikiran, ucapan, dan tindakan sebagai tujuanmu. Jadikanlah pemurnian pikiran sebagai tujuanmu - maka semuanya akan beres.
10. Continue to Grow and Evolve. "Constant development is the law of life, and a man who always tries to maintain his dogmas in order to appear consistent drives himself into a false position." = Perkembangan terus-menerus itulah hukum alam. Seseorang yang ingin bertahan dengan dogma-dogma (lama) untuk menunjukkan konsistensi diri, sesungguhnya berada pada posisi yang salah.
Daftar Pustaka:
Wolpert Stanley, 2002, Mahatma Gandhi sang penakluk kekerasan hidupnya dan ajarannya, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. 
Alappatt Francis ,2005, Mahatma Gandhi,Bandung:Nusamdia Prana Wied, 2010
Gandhi manusia bijak dari timur,Jogjakarta:Garasi Hart Michael, 2009
100 Orang paling berpengaruh di dunai sepanjang sejarah, Jakarta: Hikmah
http://id.wikipedia.org/wiki/Mahatma_Gandhi

Tidak ada komentar: